"All The Information for You"

Thursday, February 13, 2014

Letusan Gunung Kelud Dari Satelit 2014

  Gunung Kelud yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur kembali meletus setelah letusan terakhir di tahun 2007 silam, letusan kali ini merupakan letusan yang paling besar dalam sejarah, hal ini ditandai suara letusannya  terdengar berkali-kali dan sangat keras. Bahkan, suaranya terdengar sangat jelas hingga ke wilayah Jawa Tengah (solo-klaten-boyolali) dan Yogyakarta.
Letusan terjadi pukul 22:14 WIB (13/02) setelah sebelumnya BMKG menetapkan status gunung ini menjadi awas pada pukul 21:15 WIB.
   Dampak dari letusan gunung kelud ini tidak hanya dirasakan warga sekitar, selain suara gemuruh keras yang didengar sampai Jawa Tengah, abu dari letusan kali ini juga menyelimuti beberapa wilayah, solo, klaten, boyolali, magelang, yogyakarta pada jum'at pagi (14/02). Bahkan abu vulkanik ini sampai wilayah Ciamis, Jawa Barat bagian selatan dalam intensitas tipis, hingga mengganggu aktivitas warga. Abu vulkanik di sertai bau belirang sangat dirasakan wilayah surakarta,klaten, yogyakarta.
   Hingga saat ini tercatat 2 orang meninggal akibat kejatuhan reruntuhan bangunan yang memang bangunan itu sendiri tidak kuat menopang beratnya material yang dikeluarkan gunung kelud dalam bentuk kerikil, pasir, dan abu yang cukup banyak. Sebanyak lebih dari 200ribu warga mengungsi. 

Letusan Gunung Kelud.jpg

  

Share:

1 comments:

Definition List

Unordered List

Support