"All The Information for You"

Tuesday, November 13, 2012

Makanan Pengganti Wortel Untuk Kesehatan Mata

   Mata adalah bagian paling vital dari tubuh kita. Tanpa mata kita tidak bisa menikmati segala yang ada di dunia. Kita wajib untuk bersyukur atas karunia Tuhan yang sampai detik ini kita masih diberi penglihatan yang sehat, salah satunya kita masih bisa membaca artikel ini untuk menunjang kesehatan mata kita. Namun tanpa kita sadari, kita sendiri yang merusak dari kesehatan mata itu sendiri. Mulai dari kebiasaan menonton tv terlalu dekat,berlama-lama didepan monitor, mengucek mata, dan banyak lainnya. Oleh karena itu perlu kita lakukan pencegahan dan perawatan kesehatan mata sebagai bentuk kesyukuran kita kepada Tuhan.
Banyak di kalangan masyarakat mengetahui bahwa nutrisi atau makanan penunjang kesehatan mata adalah wortel, ya..memang wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk nutrisi mata. Tapi bagi orang yang tidak suka dengan wortel, ada makanan alternative yang tidak kalah nutrisi dan vitaminya dengan wortel.

7 makanan ini bisa menjadi alternative mempertajam penglihatan dan pengganti nutrisi yang terkandung dalam wortel :

1. Telur
    Bagi anda penggemar telur,sudah saatnya anda mengetahui manfaat telur bagi kesehatan mata anda. Telur kaya akan vitamin A membantu fungsi retina dan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Meskipun sering dianggap memperburuk kolesterol, telur membantu menurunkan angka minus di kacamata Anda.


2. Raspberi
    Raspberry adalah buah yang termasuk dalam keluarga mawar. Ada yang berjenis  beri merah, hitam, ungu dan emas, yang semuanya memiliki rasa manis yang kuat yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan lezat. Buah ini juga kaya akan vitamin, mineral dan serat yang dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan. Buah dari keluarga beri ini mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat mengurangi risiko katarak dan penyakit mata lainnya.




3. Kacang almond
    Ternyata bukan hanya lezat disantap sebagai teman es krim atau campuran adonan kue. Dalam berbagai penelitian menyebutkan bahwa jenis kacang-kacangan dengan nama latin (Prunus dulcis) ini memiliki manfaat yang melimpah, salah satunya adalah kandungan vitamin E dalam kacang almond. Vitamin E dalam kacang almond membantu menunda penurunan fungsi indera penglihatan seiring penambahan usia.


4. Brokoli
    Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya akan gizi, selain mengandung antioksidan dan vitamin C, sayuran ini mengandung lutein. Penelitian menunjukkan bahwa lutein yang banyak terkandung dalam brokoli dapat melindungi mata dari risiko degenerasi makula dan mencegah katarak.



5. Ikan salmon
    Tingginya kandungan asam lemak omega 3 dalam salmon menjadikannya makanan penyehat mata. Lemak sehat ini memainkan peranan penting bagi kesehatan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. Lemak omega-3 yang terdapat di dalam salmon membantu dalam memerangi masalah kronis mata kering, sehingga meningkatkan pandangan Anda selama usia tua.


6. Bayam
    Selain rasanya yang lezat, bayampun mengandung berbagai macam nutrisi untuk tubuh yang dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyakit.Kandungan dalam bayam sangat banyak salah satunya adalah zeaxanthin. Zeaxanthin berperan  melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mencegah terjadinya katarak.


7. Yogurt
    Bagi pecinta yogurt ini adalah alternative yang terakhir untuk anda coba demi kesehatan mata anda. Yogurt memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng dikenal dapat melindungi mata dari efek berbahaya sinar matahari. Karena terbuat dari susu, yogurt juga mengandung vitamin D yang merupakan anti-inflamasi yang melindungi ketajaman penglihatan.
 
Nah, untuk anda yang ingin mata sehat dan enggak harus makan wortel ketujuh makanan ini lah yang bisa menjadi alternatife mempertajam penglihatan anda.
Tetap atur pola makan anda.
Share:

6 comments:

  1. Memang rutin konsumsi buah dan sayuran bisa memperkuat kesehatan organ mata, bahkan bisa merawat seluruh organ tubuh. thanks.

    ReplyDelete
  2. I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

    manfaat bawang putih untuk kesehatan
    cara ampuh mengobati miom
    penyebab sakit perut sebelah kiri pada wanita
    makanan untuk meningkatkan energi tubuh

    ReplyDelete
  3. jika bisa rutin mengonsumsi buah dan syuran itu dapat membantu menjaga kesehatan mata seperti yan sudah dijelaskan di atas gan ,,,

    ReplyDelete
  4. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati nyeri dada tengah

    ReplyDelete
  5. Wah bisa jadi referensi gan untuk dikonsumsi biar mata tetap sehat, sukses untuk artikel lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas tanggapan, semoga bermanfaat untuk anda, menjadikan gaya hidup yang lebih sehat dengan bahan bahan bahan alami di sekitar kita.

      Delete

Definition List

Unordered List

Support